Autoformat code pada Android Studio


image

Fitur autoformat code sepertinya telah menjadi standar di berbagai IDE modern saat ini. Pada Android Studio, autoformat code ini dapat dilakukan dengan menggunakan menu Code – Reformat Code atau dengan shortcut default Android Code yakni Ctrl + Alt + L. Meskipun fitur tersebut sangat membantu dalam mebuat code lebih rapi, cara tersebut masih saya anggap merepotkan. Solusinya, pada IDE Android yang digunakan sebelumnya (Android & Netbeans), fitur autoformat ini diatur agar selalu dilakukan ketika menyimpan file (Ctrl + S). Sayangnya fitur ini tidak terdapat secara langsung pada Android Studio 1.0.2, namun hal ini tetap bisa diatur dengan menggunakan Macro.

Macro dapat digunakan untuk membuat satu perintah yang menjalankan beberapa perintah sekaligus. Dalam kasus ini, perintah yang akan digabung adalah perintah Autoformat dan Save, yang keduanya akan dijalankan ketika menekan kombinasi Ctrl + S.

  1. Pada Android Studio, mulai merekam macro dengan memilih menu Edit – Macros – Start Macro Recording
    image
  2. Yakinkan, bahwa macro sedang merekam dengan melihat status di pojok kanan bawah. Pada area ini pula dapat terlihat aksi apa saja yang terekam.
    image
  3. Pilih Code – Reformat Code.
    image
  4. Pada dialog yang muncul, pilih pilihan yang sesuai, dan aktifkan pilihan Do not show this dialog in the future agar dialog tidak selalu muncul ketika autoformat dilakukan
    image
  5. Tekan ctrl+s atau menekan icon save pada toolbar. Akhiri dengan memilih stop recording pada Edit – Macros – Stop Recording
    image
  6. Buka settings dengan memilih menu File – Settings.
    image
  7. Pada area kiri, lakukan navigasi ke menu Keymap, kemudian cari perintah Quick List yang telah dibuat. Klik kanan pada perintah tersebut, dan pilih Add Keyboard Shortcut.
    image
  8. Tekan Ctrl + S atau shortcut yang dikehendaki pada isian First Stroke. Pada area conflict di bawahnya, akan diinformasikan jika shortcut yang dipilih telah digunakan atau tidak. Jika tidak masalah dengan konflik tersebut, lanjutkan dengan menekan OK.
    image
  9. Jika memang terdapat konflik, pada dialog berikutnya tekan Remove untuk mengganti shortcut lama dengan shortcut yang baru dipilih. Akhiri dengan menekan tombol OK
    image

Setelah tahap di atas dilakukan, auto format akan selalu dilakukan ketika save dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s