Membuat class diagram dengan php_uml


PHP_UML merupakan salah satu komponen PHP yang digunakan untuk menghasilkan class diagram dari code ataupun code dari class diagram. PHP_UML dapat dipasang dengan menggunakan bantuan Pyrus.

Pyrus atau yang juga dikenal dengan PEAR2 merupakan suatu sistem untuk membungkus dan mendistribusikan berbagai komponen php. Beberapa komponen yang sering didownload pada saat penulisan artikel ini adalah Structures_Graph (pembuatan dan manipulasi struktur data graph), Archive_Tar (pengelolaan berkas berjenis Tar), dan XML_RPC (penggunaan XML-RPC).

Untuk dapat menggunakan Pyrus, versi PHP yang digunakan adalah versi 5.3.1 ke atas. Jika telah memiliki PHP dengan versi yang sesuai, dapat dilanjutkan sesuai langkah-langkah berikut:

  1. Unduh Pyrus pada alamat: http://pear2.php.net/
  2. Letakkan file yang diunduh pada folder yang akan menjadi lokasi instalasi dan penyimpanan konfigurasi Pyrus, misal: C:\pyrus\
    image
  3. Periksa file php.ini agar ekstension php_sqllite3 dan php_xsl dalam kondisi aktif. Hal ini ditandai dengan tidak adanya “;” di depan baris tersebut.
    image
  4. Buka command prompt (cmd) atau power shell, kemudian jalankan perintah php pyrus.phar mypear [folder]; folder merupakan lokasi penyimpanan komponen php yang nanti akan digunakan. Untuk semua pilihan, kecuali pilihan folder, gunakan jawaban default dengan menekan enter. (Lihat contoh di screenshot)
    * Catatan: jika perintah tersebut mengembalikan error sejenis “PHP is not a valid command”, gunakan folder instalasi php di awal, sebagai contoh: C:\Program Files (x86)\PHP\php.exe. Dengan demikian perintah tadi secara lengkap menjadi: C:\Program Files (x86)\PHP\php.exe pyrus.phar mypear [folder]
    image
  5. Lakukan instalasi komponen PEAR yang memiliki beberapa dependensi php_uml dengan menjalankan perintah php pyrus.phar install pear/PEAR.
    image
  6. Lakukan instalasi untuk komponen php_uml. Hal ini dilakukan dengan perintah: php pyrus.phar install pear/PHP_UML. Dalam beberapa kasus, tergantung dengan konfigurasi di php.ini, perintah ini akan menghasilkan beberapa warning.
    image
  7. Lakukan navigasi ke folder aplikasi php yang akan dibuat class diagramnya dengan perintah cd [nama folder]. Lanjutan dengan perintah php_uml [folder file yang akan dibuat class diagramnya] –x 1 –o [file output]. Perintah tersebut akan menghasilkan suatu file xmi yang dapat diimpor ke aplikasi pembuat uml seperti ArgoUML.
    image
  8. Jika telah mengunduh dan menginstal ArgoUML, file tersebut dapat diimpor agar class diagram yang dihasilkan pada file tadi dapat dilihat dalam bentuk diagram melalui menu File – Import XMI  kemudian memilih file xmi yang telah dibuat pada perintah sebelumnya.
    image
  9. Setelah import selesai, klik kanan pada Class Diagram kemudian pilih Add All Classes in Namespace. Ini akan memasukkan semua diagram ke dalam layar. Untuk menghasilkan output sebagai gambar, gunakan pilihan File-Export Graphics.
    image

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s