Membuat kuesioner online dengan Google Form


Dalam banyak kasus, terutama bagi akademisi, pengumpulan data digunakan menggunakan kuesioner. Prosedur yang selama ini dilakukan adalah: kuesioner dibuat, dicetak, kemudian disebarkan kepada para calon responden. Setelah responden mengisi kuesioner, seluruh kuesioner dikumpulkan kembali untuk kemudian hasilnya diinputkan ke dalam aplikasi pengolah data seperti Excel atau SPSS, akhirya pengolahan data dapat dilakukan.

Prosedur tersebut bisa disederhanakan dengan memanfaatkan teknologi yang ada, tepatnya teknologi internet dan mobile. Dengan memanfaatkan kedua teknologi tersebut, prosedur tersebut akan menjadi: kuesioner dibuat, kemudian disebarkan kepada para calon responden melalui internet. Setelah responden mengisi kuesioner melalui gadget yang mereka miliki, data telah secara otomatis terkumpul dan siap untuk diolah.

Dengan membandingkan kedua prosedur tersebut, dapat dilihat bahwa teknologi yang ada dapat digunakan untuk mempermudah proses pengumpulan data, terutama yang menggunakan kuesioner. Lalu, bagaimana cara membuat kuesioner online tersebut?

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat kuesioner online tersebut:

  1. Buka google drive dengan mengetikkan alamat https://drive.google.com pada perambah yang digunakan.
    image
  2. Pada halaman yang muncul, pilih Create – Form
    image
  3. Perambah akan menampilkan halaman baru yang memberikan pilihan tema (tampilan) untuk kuesioner, judul untuk kuesioner. Berikan judul dan pilih tema yang sesuai dengan kuesioner. Lanjutkan dengan menekan tombol Ok.
    image
  4. Selanjutnya, buatlah pertanyaan-pertanyaan yang akan dijawab. Pada gambar berikut merupakan contoh pertanyaan yang akan dijawab. Question Title merupakan pertanyaan yang akan ditanyakan, Help Text dapat digunakan untuk menjelaskan pertanyaan tersebut secara detail, dan Question Type merupakan jenis pertanyaan yang dapat dipilih. Dalam contoh berikut, digunakan yang jenis Text, yang menyatakan bahwa isian yang diberikan adalah isian bebas. Jika memang pertanyaaan yang dibuat adalah pertanyaan yang wajib diisi, beri tanda pada Required Question.  Setelah selesai dengan pertanyaan tersebut, tekan done.
    image
  5. Untuk membuat pertanyaan berikutnya, tekan add item, kemudian tentukan jenis pertanyaan selanjutnya. Jika sama dengan sebelumnya, yakni berupa text, maka pilih text. Selain text dapat juga digunakan: 1) Paragrapah, yang biasa digunakan jika isian berupa uraian, 2) Multiple choice, yang biasa digunakan untuk pilihan, 3) Checkboxes, yang biasa digungakan untuk pilihan yang dapat dipilih beberapa sekaligus
    image
  6. Lakukan terus hal ini sehingga semua pertanyaan dapat terjawab.

Setelah kuesioner dibuat, hal yang perlu dilakukan adalah menyebarkan kuesioner tersebut kepada calon responden. Hal ini dapat dilakukan dengan mengirimkan tautan kuesioer yang telah kita buat melalui media seperti email, media sosial (facebook, twitter, dsb), dan lain sebagainya. Berikut adalah cara kita mendapatkan tautan yang akan dikirimkan ke calon responden:

  1. Pada menu di atas, pilih File-Send form
    image
  2. Pada isian Link to share, salin tautan yang tersedia dan kirimkan melalui email, atau media sosial lainnya. Selain itu, untuk secara otomatis membagikan melalui media sosial yang dimiliki, dapat langsung menekan tombol media sosial yang sesuai di bawahnya.
    image
  3. Setelah selesai, tekan Done. Pada tampilan selanjutnya , pilih New Spreadsheet agar hasil kuesioner secara otomatis dapat diolah menggunakan spreadsheet milik google. Lanjutkan dengan menekan Create.
    image
  4. Akhirnya, tautan yang telah disalin tadi dapat digunakan untuk melihat hasil kuesioner yang telah dibuat. Selain dengan menggunakan tautan tersebut, dapat juga dengan memilih View live form. Sedangankan untuk melihat hasil dari kuesioner tersebut, dapat memilih View Responses.
    image

Semoga dapat bermanfaat.

One thought on “Membuat kuesioner online dengan Google Form

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s