Membuat UML menggunakan Microsoft Visio


Saat kuliah di jurusan informatika, saya diajarkan untuk menggunakan UML sebagai notasi universal untuk membuat desain sistem. Ketika itu, kami diminta untuk menggunakan Rational Rose sebagai tool editor untuk mengolah UML yang dibuat. Secara spesifik, kami diminta untuk menggunakan Rational Rose 2002 atau Rational Rose 2003 yang ketika itu hampir berusia 1 dekade. Usianya yang cukup tua mengakibatkan saya mencari alternatif dengan harapan program yang lebih baru akan lebih mudah digunakan. Berhubung pada komputer yang saya gunakan telah terinstall Microsoft Visio, maka hal yang pertama saya lakukan adalah memeriksa apakah Microsoft Visio bisa digunakan untuk membuat UML. Ternyata, Microsoft Visio yang saya gunakan (ketika itu Microsoft Visio 2007) belum mendukung UML secara langsung, namun telah terdapat pihak ketiga yang membuat template yang dapat digunakan untuk membuat UML pada Visio.

Pihak ketiga tersebut membuatnya dalam bentuk file template yang mengikuti kesepakatan UML 2.2 dan tersedia untuk berbagai varian Visio. Karena ini sifatnya file template, maka memasangnya agar nyaman dipakai sedikit berbeda dengan cara instalasi yang biasa dilakukan: klik dua kali kemudian mengikuti tahapan yang ada. Untuk memasangnya sebenarnya cukup meletakkan file yang didownload pada folder My Shapes yang biasa terdapat pada My Documents.

Lebih jelasnya sebagai berikut:

  1. Download template pada alamat: http://www.softwarestencils.com/uml/index.html, atau
    http://www.softwarestencils.com/uml/UML2.2-Visio2010.zip untuk langsung mendapatkan versi untuk Visio 2010 ke atas
  2. Extract file zip yang sesuai kemudian letakkan pada folder My Documents\My Shapes\Software and Database. Folder yang terakhir akan menjadi kategori yang tampil dalam Visio nantinya.
  3. Pada Visio, tekan tombol File kemudian navigasi ke Options – Advanced – General – File Locations.
    image
  4. Pada kotak dialog yang muncul, ubah isi Stencil dan Templates menjadi lokasi yang penyimpanan yang dilakukan pada langkah no 2 tanpa bagian terakhir. Dalam kasus ini adalah My Documents\My Shapes.
    image
  5. Tekan Ok, kemudian Restart Visio. Perhatikan, pada kategoru Software and Database akan muncul pilihan UML 2.2 Template.
    image
  6. Pilih template tersebut seperti biasa dan Visio siap digunakan untuk membuat UML
    image

Walaupun tidak semudah instalasi biasa, namun harusnya pada tahapan di atas tidak akan menemui kendala yang berarti.

Catatan: Pengujian di atas dilakukan dengan Microsoft Visio 2013. Pada versi lain bisa jadi tidak persis seperti itu, khususnya pada tahap 3. Untuk lebih detailnya silakan lihat cara pemasangan pada situs resminya.

Bagi yang kebingungan untuk menggunakannya, dapat melihat lebih lanjut pada halaman tips dan trick dengan mengunjungi situs resminya.

4 thoughts on “Membuat UML menggunakan Microsoft Visio

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s