Presentasi modern: Presentasi dengan HTML 5


Hingga saat ini, mayoritas dari kita selalu membuat presentasi dengan menggunakan aplikasi PowerPoint. Memang sejauh ini, menggunakan PowerPoint merupakan cara yang paling gampang untuk membuat presentasi. Namun seiring perkembangan zaman, menggunaan PowerPoint menjadi semakin susah dan terkesan tidak fleskibel terlebih ketika disandingkan dengan fleksibilitas yang ditawarkan oleh teknologi yang terdapat dalam dunia web, dalam hal ini adalah teknologi HTML 5.

Menggunakan HTML 5 memang belum semudah menggunakan PowerPoint karena HTML 5  merupakan suatu kumpulan teknologi yang digunakan melalui beberapa bahasa pemrograman (HTML, CSS, JavaScript). Hal ini mengakibatkan hanya beberapa kelompok yang dapat menggunakannya, yakni kelompok Web Developer. Namun, hal ini sudah dipermudah dengan ketersediaan framework-framework yang secara spesifik dirancang dan dibuat untuk membuat presentasi dengan memanfaatkan teknologi HTML 5. Beberapa yang sudah terkenal diantaranya ialah: reveal.js, impress.js, controldeck.js, board.js, robodeck, dan masih banyak yang lainnya.

Memang, nama-nama yang telah disebutkan tersebut masih susah digunakan karena masih berupa framework yang biasanya digunakan oleh para web developer, namun beberapa diantaranya sudah menyediakan editor yang memiliki kemampuan dasar setara dengan PowerPoint namun memberikan fleksibilitas yang dimiliki oleh HMTL 5. Editor favorit yang saya gunakan adalah: Strut. Strut ini merupakan salah satu editor presentasi berbasis HTML 5 yang bersifat open source dan dapat digunakan secara offline. Artinya, walaupun ketika harus mengetikkan alamat website dan menunggu loading pada awal pemakaian namun untuk pemakaian berikutnya, dapat dilakukan secara offline dan tanpa mengandalkan koneksi internet.

1

Sepintas memang terlihat sangat minim fitur jika dibandingkan powerpoint yang ada, namun tidak ada salahnya untuk mencoba dan menggunakan cara  baru ini untuk membuat presentasi.

Bagi yang tertarik untuk mencoba, bisa langsung membuka Strut pada tautan berikut:

http://tantaman.github.io/Strut/dist/index.html

Salah satu presentasi yang saya buat dengan menggunakan strut ini dapat dilihat pada: http://mugipriangan.org/publish/wp.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s