Tanya: Bagaiamana cara melakukan hacking?


Pertanyaan ini sudah sering saya dengar bahkan terima secara pribadi. Sebenarnya saya heran kenapa beberapa kawan sering menanyakan hal ini kepada saya padahal saya sendiri bukanlah hacker. Lebih heran lagi ialah, kenapa pertanyaannya ‘bagaimana cara melakukan hacking‘, padahal yang mereka maksud jelas adalah ‘bagaimana cara melakukan cracking’. Memang kejadian ini bukan seluruhnya kesalahan si penanya karena memang banyak sumber sudah terlanjur menganggap bahwa hacking adalah cracking, tapi tetap saja penanya memiliki andil: kenapa penanya tidak memeriksa validitas isi beritanya terlebih dahulu?

Terlepas dari hal di atas, kembali ke pertanyaan yang menjadi judul tulisan ini: ‘Bagaimana cara melakukan hacking?’. Sebenarnya jawaban atas pertanyaan tersebut sudah banyak berada di internet, dan kalau masih ada yang beralasan bahwa tidak ada yang berbahasa Indonesia, maka saya akan mengatakan si penanya adalah seorang yang malas dan sudah pasti tidak akan bisa melakukan hacking. Karena memang sudah banyak dibahas, maka kali ini saya tidak akan terlalu panjang lebar menjawab pertanyaan tersebut. Silakan mencari, membaca, dan belajar. Tidak ada yang instan di dunia ini, melakukan hacking pun salah satunya, jadi berusahalah.

Satu hal yang pasti, hacking bukanlah suatu hal yang mudah. Hacking merupakan suatu hal yang sangat dinamis dan sejalan dengan perkembangan industri informasi itu sendiri. Perkembangan dunia hacking pasti akan lebih cepat atau minimal sama dengan perkembangan industri komputer dan informasi. Lebih tepatnya, industri komputer dan informasi yang kita kenal dan nikmati saat ini merupakan hasil kerja dan usaha para hacker yang terus menyumbangkan kemampuannya kepada komunitas (baca: internet).

Sifat hacking yang sangat dinamis ini seringkali mengakibatkan orang yang ingin belajar hacking menjadi bingung dan tersesat. Salah satu alasan yang lazim saya dengar adalah tidak terdapatnya orang yang mau mengajarkan/membimbing untuk hacking. Alasan ini saya tolak mentah-mentah karena budaya hacking itu sangat kental dengan budaya komunitas yang pastinya bisa menjadi sumber pembelajaran. Bahkan salah satu filosofi yang dianut oleh para hacker adalah budaya berbagi dan mengajarkan, jadi bagi yang mengatakan tidak ada yang mau mengajarkan maka saya akan katakan dia adalah pemalas.

Satu hal yang perlu jadi catatan, pembelajaran disini tidak sama dengan menyuapi siapapun dengan pengetahuan. Belajar adalah suatu proses kontinyu yang harus dilalui, bukan sekedar terima jadi kemudian langsung bisa. Jadi jangan harapkan komunitas hacking akan memberikan jawaban atas pertanyaan ‘cara melakukan hacking’, melainkan mereka akan memberikan arahan agar pembelajaran ‘bisa melakukan hacking’ menjadi lebih terarah. Sekali lagi, ini adalah pembelajaran yang pasti akan melalui proses tertentu. Ini sangat penting, karena komunitas hacking sangat menghargai yang namanya usaha (salah satu contoh: pertanyaan seperti ‘cara melakukan hacking’ ialah pertanyaan yang tanpa usaha karena sebenarnya jawaban tersebut bisa didapatkan jika si penanya usaha sedikit dengan bertanya ke mbah google).

Okay, sebelum tulisan ini menjadi panjang, saya rasa poin yang saya ajukan cukup jelas. Jika ingin bisa melakukan hacking maka belajar dan berusaha. Berkawanlah dengan internet, jadikan komunitas sebagai rumah kedua. Jalankan itu selama beberapa waktu maka pasti akan ada hasilnya.

Sebelum tulisan ini saya akhiri, satu artikel yang bisa menjawab pertanyaan pada judul tulisan ini secara lebih baik sudah dibuat oleh lirva32 yang dapat ditemukan di situs pribadinya (http://lirva32.org/web/index.php?option=com_content&view=article&id=17:faq–about-hacking-a-hacker&catid=15:hacking&Itemid=31). Bagi yang ingin mengetahui lebih lanjut, silakan baca artikel tersebut.

Referensi:
1. http://en.wikipedia.org/wiki/Hacker_%28term%29
2. http://wiz.echo.or.id/
3. http://lirva32.org

Area bermain:
1. http://www.hack-test.com
2. http://www.hackthissite.org
3. http://www.2600.com
4. http://catb.org

One thought on “Tanya: Bagaiamana cara melakukan hacking?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s