Proofing tools untuk Bahasa Indonesia


Update:
Bagi yang gagal melakukan unduh dengan menggunakan tautan di bawah, dapat coba menggunakan tautan ini. Bagi yang ingin menggunakan tautan alternatif, dapat ditemukan pada bagian akhir tulisan ini.

Spelling and grammar, thesaurus dan hyphenation merupakan tiga fitur bahasa yang tersedia pada Microsoft Office, khususnya Microsoft Word,  yang sangat berguna untuk memperbaiki dan merapikan tulisan kita. Sayangnya, selama ini ketiga fitur tersebut hanya tersedia untuk bahasa Inggris dan beberapa bahasa lainnya, namun belum tersedia untuk bahasa Indonesia. Akibatnya, fitur-fitur tersebut memang belum terlalu populer di kalangan masyarakat Indonesia, padahal fitur-fitur tersebut sudah sangat banyak digunakan di kalangan masyarakat barat, terutama bagi mereka yang berprofesi sebagai penulis atau akademisi. Lebih lanjut, bagi para mahasiswa, fitur ini tentunya akan sangat membantu dalam hal mengurangi jumlah revisian yang harus dilalui.

Microsoft Office 2013 sebagai versi terbaru dari keluarga Microsoft Office membawa suatu perubahan yang menarik dalam hal fitur bahasa ini, yakni telah tersedianya proofing tools untuk bahasa Indonesia. Memang masih berbentuk sebagai add-in yang harus didownload terpisah dan belum terintegrasi secara langsung dalam Microsoft Office-nya secara langsung, namun hal ini bisa dikatakan suatu kemajuan yang baik.

Lalu, bagaiamana cara memasang dan menggunakan add-ins tersebut? Berikut langkah-langkahnya:

  1. Download addinsnya pada situs microsoft dengan menekan tautan ini.
  2. Pada halaman yang muncul, pilih bahasa Indonesia, kemudian tekan download.
    image
  3. Install file yang didownload dengan mengikuti petunjuk instalasi.
  4. Jika sudah terinstall, spelling and grammar dapat digunakan dengan otomatis dengan memilih bahasa Indonesia sebagai bahasa yang digunakan.
    imageimage

Jika sudah mengikuti tahap-tahap diatas maka spelling and grammar sudah dapat digunakan untuk bahasa Indonesia pada dokumen yang dikerjakan. Semoga dapat membantu.

 

Pranala alternatif:

5 thoughts on “Proofing tools untuk Bahasa Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s