Membuat aplikasi web menggunakan Yii Framework


Yii framework merupakan salah satu PHP framework yang masih bisa dikatakan baru, namun demikian telah berkembang dengan cukup pesat dan bahkan kini mulai menyaingi CodeIgniter dalam hal popularitas. Menurut saya pribadi, menggunakan Yii Framework itu lebih mudah dan cenderung lebih cepat karena memang dari awal penggunaan, Yii akan membuat kerangka aplikasi web yang akan digunakan, dan bahkan jika kita telah memiliki database untuk aplikasi web yang akan dibuat, maka Yii akan mampu membuatkan kerangka objectobject sesuai dengan struktur database yang dimiliki. Hal ini tentunya akan semakin mempermudah dan mempercepat pembuatan aplikasi web yang ingin kita kembangkan.

Seperti yang telah disebutkan di atas, pada tahap awal, Yii akan membuatkan kerangka aplikasi web awal yang akan menjadi landasan pengembangan. Adapun cara untuk memulai ialah sebagai berikut:

  1. Unduh framework Yii dari situs resminya. Jika dirasa perlu, dapat juga mengunduh dokumentasi yang disediakan pada halaman yang sama.
  2. Extract berkas yang telah diunduh. Hasilnya akan mendapatkan berkas-berkas seperti yang terlihat pada gambar berikut.
    image
  3. Jalankan command prompt pada berkas yang telah di-extract dengan memilih menu: File – Open command prompt – Open command prompt as administrator.
    image
  4. Dalam command prompt, jalankan perintah “php framework\yiic.php webapp .”. Pada pertanyaan yang muncul, jawab “y”.
    image
  5. Kerangka aplikasi telah selesai dibuat.
    image
  6. Hasilnya dapat dilihat pada folder yang terletak sejajar dengan folder framework, bisa dilihat telah ada beberapa file dan foldeer tambahan jika dibandingkan sebelum dilakukan pembuatan kerangka aplikasi (lihat gambar). Selain itu kerangka aplikasi web tersebut sudah dapat juga dilihat melalui perambah (browser) yang kita miliki.
    imageimage

Demikian cara memulai pembuatan aplikasi web dengan menggunakan Yii Framework. Sangat mudah bukan? Selamat mencoba. Smile

2 thoughts on “Membuat aplikasi web menggunakan Yii Framework

    • Maklum masih belajar juga🙂

      Ini sedang ngegarap e-book untuk yii benernya. Dari awal sampai akhir tentang perpustakaan digital. Kalau memang bisa yii juga, mau kolaborasi?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s