ReportViewer bermasalah pada Visual Studio 2012


Visual Studio 2012 memiliki satu kelebihan yang tidak dimiliki oleh versi-versi sebelumnya, yakni mampu membuka file project (*.*proj) ataupun solution (*.sln) yang dibuat menggunakan Visual Studio 2010 SP1. Hal ini tentunya membuat pekerjaan dalam tim lebih mudah, terlebih lagi jika tidak semua programmer menggunakan versi Visual Studio yang sama. Namun, hal ini dapat membuat kesulitan dalam beberapa kasus, salah satu kasusnya ialah ketika menggunakan ReportViewer dari Microsoft.

image

ReportViewer merupakan salah satu komponen bawaan dari Visual Studio yang membantu dalam menampilkan report yang dibuat. Karena merupakan bawaan dari Visual Studio, maka ada kemungkinan versi komponen ReportViewer dari masing-masing Visual Studio adalah berbeda. Hal ini pada akhirnya mengakibatkan munculnya error yang terjadi ketika kita membuka solution yang dibuat menggunakan Visual Studio versi yang berbeda. Jika dipaksakan, maka akan muncul error seperti yang tampak pada gambar di atas ketika akan membuka formform yang menggunakan komponen ReportViewer. Pada kasus ini, solution dibuat menggunakan Visual Studio 2010 SP1 untuk kemudian dibuka pada Visual Studio 2012.

Dapat dilihat pada gambar di atas, reference yang bermasalah ialah reference terhadap assembly Microsoft.ReportDesigner. Secara spesifik, seperti yang diutarakan diatas, masalah dalam kasus ini muncul karena menggunakan komponen ReportViewer yang berbeda versi. Khusus untuk Visual Studio 2012, sudah menggunakan assembly dengan nama sama namun dengan versi 11.0.0.0. Maka, solusinya adalah mengganti assembly tersebut dengan yang sesuai.

Lebih jelasnya, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Hapus reference yang telah ada. Untuk kasus ini, reference yang dihapus adalah terhadap assembly Microsoft.ReportViewer.WinForms
    image
  2. Klik kanan pada folder reference, kemudian pilih menu Add Reference.
    image
  3. Pilih reference yang sesuai. Dalam kasus ini, reference yang dicari ada pada bagian Extension. Jangan lupa untuk memilih versi yang tepat.
    image
  4. Selesai

Semoga dapat membantu bagi yang menemukan masalah serupa.

One thought on “ReportViewer bermasalah pada Visual Studio 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s