Menampilkan form di dalam form (MDI) dengan .Net


Mayoritas aplikasi desktop saat ini dibuat dengan menggunakan MDI (Multiple Document Interface) sebagai form utamanya. Hal ini memang membantu agar aplikasi yang kita kembangkan lebih rapi dan terstruktur dalam hal pengaturan form, yakni dengan cara  membuat formform anak pada aplikasi berada dalam form induk. Tanpa menggunakan MDI ini, besar kemungkinan tampilan aplikasi yang dikembangkan akan berantakan, apalagi jika memiliki banyak form yang berbeda-beda. Untuk jelasnya, salah satu aplikasi yang menggunakan konsep MDI ialah Microsof Office, sedangkan yang tidak ialah Winamp.

Membuat aplikasi menggunakan MDI pada .net sebenarnya bukan hal yang sulit, namun mungkin tidak begitu jelas jika dibandingkan dengan cara menggunakannya pada delphi. Hal ini wajar mengingat pada delphi memang jelas membedakan antara form MDI dengan form biasa, namun pada .net hanya membedakan berdasarkan property yang digunakan.

Lebih lanjut, berikut adalah cara menggunakan form MDI pada .net:

  1. Anggap kita sudah memiliki sebuah form sebagai berikut, dan form ini akan dijadikan sebagai form utama (form MDI) yang akan digunakan untuk menampilkan formform anak, dalam contoh ini akan menampilkan form registrasi.
    image
  2. Pada property form menustrip, ubah property IsMdiContainer menjadi true. Form tersebut akan berubah memiliki latar belakang abu.
    image
  3. Pada metode onClick menu registrasi, ditambahkan kode berikut:
    private void registrasiToolStripMenuItem_Click(object sender, EventArgs e)
            {
                FrmTambahData ft = new FrmTambahData();
                ft.MdiParent = this;
                ft.Show();
            }
  4. Selesai.

    image

Dapat dilihat bahwa sebenarnya tidak terjadi banyak perubahan pada aplikasi yang dibuat. Cukup merubah satu property dan mengubah cara pemanggilan form yang dibutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s