Instalasi Virtual Server 2005 R2 SP1 pada Windows 7


Microsoft Virtual Server 2005 R2 SP1 merupakan salah satu aplikasi yang seringkali digunakan untuk membantu dalam hal virtualisasi. Saya sendiri banyak menggunakannya ketika memberikan pelatihan, Aplikasi satu ini sangat berguna untuk menjamin kesetaraan environment dan data sehingga selama pelatihan dilakukan, permasalahan yang timbul bisa dipastikan terjadi karena kesalahan pengguna, bukan kesalahan sistem. Lebih banyak tentang aplikasi ini bisa dibaca di wikipedia.

Aplikasi ini memang tergolong aplikasi yang sudah lama beredar dan dibuat dengan kompatibilitas untuk sistem operasi pada masanya. Saat ini Virtual Server 2005 memang sudah tidak dikembangkan lagi oleh Microsoft karena telah memiliki penerus yang lebih sesuai dengan keadaan teknologi pada saat ini. Dengan alasan tersebut maka Microsoft memutuskan untuk mengunci Windows 7 agar tidak bisa menginstall aplikasi ini. Tentu saja ini merupakan kabar buruk bagi pengguna yang sudah menggunakan Windows 7 tapi masih tetap memerlukan aplikasi ini. Bagi yang tetap mencoba untuk melakukan instalasi virtual server 2005 pada Windows 7, maka akan menemukan dialog sebagai berikut, yang walaupun memang sifatnya informatif tapi tidak memberikan solusi yang jelas.

image

Dialog tersebut sebenarnya salah satu bagian kendali internal dari Windows 7 yang berfungsi untuk mengatasi masalah kompatibilitas yang sempat muncul pada Windows Vista. Dalam berbagai kasus, kendali ini memang sangat membantu untuk menjalankan kembali aplikasi-aplikasi yang bermasalah pada Windows Vista tapi sebelumnya berjalan baik pada Windows XP. Pada beberapa kasus lainnya, kendali ini akan memblokir sama sekali aplikasi yang akan dijalankan oleh pengguna.

Dalam hal ini, untuk tetap dapat menjalankan aplikasi yang kita inginkan, maka salah satu cara yang paling mudah adalah dengan mematikan kendali internal tersebut. Ini dapat kita lakukan melalui applet Local Group Policy Editor (gpedit.msc) dengan mengubah dua konfigurasi menjadi enabled seperti yang terlihat pada gambar berikut:

image

Apabila kurang jelas, dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka jendela Run dengan menekan tombol Win + R
  2. Ketikkan gpedit.msc, lalu tekan enter
  3. Pada jendela yang muncul, arahkan pada Computer Configuration – Administrative Templates – Windows Components – Application Compatibility
  4. Enable konfigurasi untuk Turn off Application Compatibility Engine & Turn off Program Compatibility Assistant

Setelah melakukan perubahan di atas, lakukan restart sekali, kemudian lakukan penginstalan kembali. Sekarang instalasi akan berjalan sebagaiamana mestinya.

image

Semoga dapat membantu bagi yang mengalami kesulitan serupa.

Catatan:

  • Untuk melakukan perubahan di atas, pengguna harus memiliki hak akses administrator.
  • Kendali kompatibilitas yang dimiliki oleh OS akan sepenuhnya mati dan berlaku bukan hanya untuk Virtual Server 2005, jadi lakukan dengan resiko sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s