EFileCloaker–Melindungi Akses Langsung pada File


Beberapa waktu yang lalu, ketika sedang membantu kawan yang mengembangkan satu sistem perpustakaan digital, EFileCloaker *lahir* (baca: dibuat) sebagai implementasi sederhana untuk melindungi akses langsung terhadap file-file buku yang ada. EFileCloaker ini dibuat sebagai bagian dari Yii Framework dalam bentuk ekstensi yang dapat digunakan secara sederhana.

Ekstensi ini bekerja dengan cara memberikan link php yang berfungsi untuk menarik file asli dari server untuk kemudian diberikan kepada pengunjung situs. Dengan melakukan hal ini maka kita dapat memeberikan proteksi lebih pada file yang ada di server kita dengan cara mencegah akses langsung pada file yang ada.

Langsung saja, jika ingin  menggunakan ekstensi ini pada situs yang dibuat, dapat mendownload ekstensi ini pada kedua alamat di bawah:

Sebenarnya ini implementasi yang masih kasar, jadi jika ada komentar atau saran atau bantuan dalam menggunakannya bisa menghubungi langsung pembuatnya (email: bS.xx7_37 [at] yahoo [dot] com). Semoga dapat menghemat beberapa jam bagi developer lain yang membutuhkannya. Smile

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s