Melihat isi halaman web yang diblokir (baca: tidak bisa dilihat)


Pasti kebanyakan orang pernah mengalami namanya pemblokiran akses ketika berselancar di internet. Hal ini terutama ketika sedang berada di tempat-tempat umum seperti sekolah, kampus, kantor, bahkan beberapa waktu ini ada pemblokiran yang dilakukan oleh depkominfo. Memang pemblokiran akses ini sangat berguna karena selain menghemat penggunaan bandwidth, dapat juga membantu kita untuk fokus hanya pada hal-hal yang memang diperlukan dalam aktifitas. Oleh sebab itu, artikel ini tidak akan membahas bagaimana cara melewati pemblokiran tersebut. Embarrassed smile

Lho? Tapi judulnya khan…

Judulnya sudah tepat kok. Halaman web yang diblokir disini bukan karena disengaja, tapi terblokir secara tidak sengaja, misalnya bandwidth pemilik situs yang sudah habis, atau websitenya sudah expired, dan alasan-alasan sejenis.
Sebagai contoh, pada waktu penulisan artikel ini, halaman http://indoscholarship.com/2011/09/reach-oxford-undergraduate-scholarships-at-university-of-oxford/ tidak bisa dibuka karena kehabisan bandwidth.
image

Padahal pada waktu itu, informasi sedang diperlukan. Solusinya apa?

Solusi

Setelah berfikir sesaat, teringat kembali sahabat di web, om Google. Google mempunya satu fitur historis yang dapat digunakan untuk menampilkan halaman web yang diblokir dengan cara menampilkannya melalui google. Memang tampilannya tidak sempurna, tapi cukup untuk kebutuhan sesaat.

Cara menggunakannya bagaimana? Sangat gampang, karena tekniknya sama seperti dengan melakukan pencarian biasa, bedanya, kata kunci yang digunakan diawali dengan keyword “cache:” diikuti dengan link yang bermasalah tadi. Sebagai contoh, jika ingin membuka halaman yang disebutkan bermasalah diatas, maka keyword yang kita gunakan ialah “cache:http://indoscholarship.com/2011/09/reach-oxford-undergraduate-scholarships-at-university-of-oxford/”. Ketika kita tekan search, hasilnya yang terbuka adalah halaman tersebut versi google. Untuk jelasnya lihat gambar di bawah.

image

Hasilnya:
image

Berhasil khan? Smile Semoga yang lainnya juga bisa berhasil dan terbantu dengan cara ini,

Catatan akhir: Sebenarnya cara ini bisa kita gunakan juga untuk situs-situs yang diblokir oleh admin di kampus, warnet, wartel, sekolah ataupun kantor, tapi yang perlu dijadikan catatan ialah cara ini hanya dapat melihat, bukan menggunakan.

One thought on “Melihat isi halaman web yang diblokir (baca: tidak bisa dilihat)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s