Update Anti Virus NOD32


NOD32 merupakan salah satu antivirus yang dibuat oleh ESET yang sangat terkenal dengan kinerjanya yang bisa bersaing dengan antivirus besar lainnya dengan tetap membuat komputer bekerja super ringan. Hal ini menjadi daya tarik bagi para pengguna komputer yang ingin tetap aman dari virus namun tidak ingin komputernya menjadi berat. Bagi kebanyakan orang pun, ini menjadi daya tarik yang sangat memikat. Siapa coba yang tidak ingin komputernya berjalan dengan lancar?

Sayangnya, update anti virus ini memang agak susah. Memang sudah cerita umum kalau barang bagus, ya proteksinya pun akan bagus, Dalam hal ini, NOD32 sangat susah untuk di-update. Kenapa?

Rupanya untuk melakukan update, NOD32 membutuhkan lisensi untuk dapat mengakses server NOD32. Nah, yang sebenarnya susah ialah mendapatkan lisensi tersebut. Padahal, di internet sudah banyak tersedia lisensi yang bajakan tapi siap digunakan. Coba saja buktikan dengan mengetikan kata kunci nod32key di mesin pencari favorit anda (pasti google kan?  Smile) , maka akan muncul banyak sekali situs yang menyiapkan lisensi siap pakai untuk NOD32. Lalu, masalahnya dimana?

Masalah utamanya ialah untuk membuka situs-situs tersebut, karena ternyata NOD32 sudah memblokir situs-situs tersebut agar tidak dapat diakses. Dikatakan situs tersebut sebagai situs yang berbahaya untuk dikunjungi. Perlindungan seperti ini biasanya terjadi pada halaman-halaman yang memang mengandung virus, tapi dalam kasus ini, pemblokiran ini sengaja dilakukan agar pembajakan lebih susah dilakukan.

Langsung saja (sudah kebanyakan pembukaannya), berikut cara untuk melakukan update yang kita mulai dari pencarian lisensi yang akan kita gunakan.

  1. Pada browser favorit anda (yaitu Mozilla Firefox), buka halaman Google Pencarian (http://www.google.com)
  2. Pada kotak masukan, masukan kata kunci nod32key
  3. Pada hasil yang muncul, bukalah salah satu hasil pencarian, dengan cara menampilkan cache/tembolok-nya. Biar jelas, lihat gambar di bawah.
    image
  4. Klik pada cached (jika google berbahasa inggris) atau pada tembolok (jika google berbahasa indonesia).
  5. Akan muncul hasil pencarian yang kita inginkan.
    image
  6. Kita lanjutkan dengan membuka interface NOD32 dan lakukan navigasi kepada menu Update
    image
  7. Kita masukan username dan pasword kita dengan menekan pilihan Username and Password setup… kemudian kita tekan ok
    image
  8. Kemudian kita tekan Update virus signature database dan jika beruntung update akan mulai berjalan. Jika tidak, ulangi langkah 6 dan 7 untuk menggantinya dengan lisensi yang lain. (Catatan: Lisensi bajakan ini biasanya hanya berumur 1 hari karena cepatnya NOD32 dalam melakukan black list).
    image
  9. Update selesai. Dapat dilihat pada version of virus signature database yang berubah menjadi tanggal update atau sehari sebelumnya. Dalam hal ini, karena saya mengupdate pada tangal 15 September 2011, yang muncul disitu ialah 20110914 atau sama dengan 14 September 2011.
    image

Oke, selamat mencoba! (jika beruntung,😆 )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s