Aplikasi Simulasi Sertifikasi Resmi


Sertifikasi. Kebanyakan profesional IT mengakui bahwa sertifikasi merupakan hal yang lebih penting daripada ijazah yang didapatkan di bangku kuliah. Hal ini wajar mengingat ketatnya untuk mendapatkan suatu sertifikasi, karena memang seleksi dalam sertifikasi ini bukan hanya masalah kemampuan tapi masalah biaya juga. Banyak orang yang enggan atau ragu-ragu untuk mengambil sertifikasi karena tidak yakin akan kemampuannya dan khawatir hanya akan membuat biaya yang dikeluarkan hangus begitu saja.

Memang, bisa dikatakan, walaupun tidak lulus untuk ujian sertfikasi kita akan mendapatkan pengalaman yang berharga dalam hal sertifikasi namun alangkah mahalnya pengalaman tersebut jika dibandingkan dengan hasil yang didapatkan. Untuk itu, sebelum benar-benar mengikuti ujian sertifikasi, ada baiknya mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya dan mencoba melakukan simulasi kepada diri sendiri berdasarkan atas kurikulum materi yang disertifikasikan.

Untuk mempermudah dalam simulasi diri, sebenarnya ada satu aplikasi yang dapat digunakan yakni Aplikasi Visual CertExam Manager (silakan digoogle Open-mouthed smile). Aplikasi ini pada dasarnya merupakan interface dalam menjalankan soal-soal ujian sertifikasi yang telah dibuat menggunakan aplikasi Visual CertExam Designer. Penasaran? Tampilannya lebih kurang seperti berikut (ini versi lama):
image

Penjelasan singkat aplikasi: (1) Di sebelah kiri terdapat list file ujian yang bisa kita lakukan; (2) Tombol start digunakan untuk menjalankan simulasi berdasarkan ujian yang kita pilih; (3) Tombol Add digunakan untuk menambah file simulasi yang digunakan. Ini merupakan file dengan ekstensi .vce yang banyak terdapat di internet; (4) Tombol Change  digunakan untuk merubah property dari ujian yang dipilih; (5) Tombol Remove  digunakan untuk menghapus file ujian yang ada; (6) Tombol Properties digunakan untuk melihat property dari ujian yang dipilih; dan (7) Tombol History digunakan untuk melihat ujian-ujian lalu yang telah dikerjakan.

Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s