Menghapus folder con aux dan sejenisnya


Beberapa anti virus sekarang menerapkan proteksi tambahan untuk mencegah virus menyebar melalui flash drive. Hal ini dilakukan dengan cara menambahkan suatu folder tertentu yang diklaim tidak bisa diakses oleh kebanyakan virus sehingga membuat penyebaran virus terhambat. Memang hal ini terbukti efektif, namun bagi beberapa pengguna, folder tersebut sangat mengganggu. Sayangnya, ternyata folder tersebut tidak bisa dihapus dengan cara yang normal karena windows menganggap folder tersebut invalid atau tidak dapat diakses.

Langsung saja, bagi yang ingin menghapus folder tersebut, sebenarnya bisa dilakukan dengan menggunakan alamat UNC-nya pada dos. Format UNC in mengikuti aturan \\server\volume\folder, sehingga jika kita akan mengakses folder pada alamat F:\con maka kita dapat mengaksesnya dengan alamat UNC \\.\F:\con.

Lebih lanjut, untuk menghapus folder tersebut, kita dapat menggunakan perintah dos standar, yakni rd, tentunya kali ini alamat folder yang akan dihapus dituliskan dalam bentuk UNC. Sehingga, jika akan menghapus folder F:\con di atas, perintah yang digunakan ialah sebagai berikut:
rd \\.\F:\con

Selamat mencoba.😀

5 thoughts on “Menghapus folder con aux dan sejenisnya

  1. Mameg berkata:

    ketika saya akan hapus suatu folder beserta seluruh isinya dg syntax RD kok muncul note: “The directory is not empty”
    berarti menghapus suatu folder dengan formula RD itu harus folder yg kosong dong? sama aja bohong dong? orang file yg tdk bisa dihapus ada di dalam folder tersebut, kalo ngehapus folder kosong sih tanpa CMD juga beres

    • itu kita gunakan hanya pada folder2 tertentu yang memang gak bisa dihapus, ya contohnya folder smadav, con, aux, dan sejenisnya.

      Tapi jika memang ingin menghapus satu folder beserta isinya tinggal tambah switch /s sehingga perintahnya menjadi:
      Rd [nama folder] /s

      lebih lanjut, bisa dilihat di dokumentasi rd yang bisa diakses dengan perintah:
      rd /?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s