Fitur Auto-Publish pada Windows XP Mode


Fitur auto-publish pada Windows XP Mode merupakan fitur yang bertugas untuk melakukan update otomatis pada start menu Windows 7 kita. (Bagi yang belum tahu apa itu Windows XP Mode, silakan di-BingGoogle aja ya.. ). Namun, pada beberapa kasus, start menu kita tidak terotomatis update. Hal ini dapat disebabkan oleh konfigurasi yang tidak tepat atau program yang diinstall salah menyimpan shortcut. Lebih jelasnya, berikut beberapa hal yang dapat kita periksa jika kita menemukan kasus serupa:

  1. Yakinkan bahwa konfigurasi untuk Virtual PC-nya sudah tepat. Lebih tepatnya, yakinkan bahwa Auto Publish dan Integration Features-nya dalam keadaan enabled.
    image
  2. Pastikan shortcut aplikasi terletak pada %SystemDrive%\Documents and Settings\All Users\Start Menu\Programs. %SystemDrive% pada umumnya ialah drive C.
  3. Dalam Windows XP Mode, tidak semua aplikasi akan ditampilkan. Hal ini dilakukan untuk menghindari duplikat ataupun crash pada aplikasi yang kemungkinan besar sudah terinstall di Windows 7. Hal ini dapat dilihat pada HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Virtual Machine\VPCVAppExcludeList. Jika kebetulan terdapat aplikasi yang ingin dimunculkan terdapat pada list tersebut, maka dapat dihapus.

Jika ketiga hal di atas sudah lengkap, maka seharusnya aplikasi tersebut akan muncul di start menu Windows 7 (Host). Jika belum, berikan waktu sesaat agar dapat terjadi sinkronisasi sebelum XP Mode ditutup.

Happy exploring🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s