Filter pada Windows Explorer (Windows 7)


Windows Explorer. Pengguna windows mana yang belum pernah menggunakan aplikasi satu ini? Secara umum, pengguna windows menggunakan Windows Explorer sebagai aplikasi manajemen file, yakni tempat mengatur berkas-berkas dan dokumen yang tersimpan dalam media penyimpanan yang dimiliki.

Sebagai aplikasi manajemen file, windows explorer mampu melakukan banyak hal, diantaranya memindahkan atau menggandakan berkas dengan mudah, mengurutkan tampilan berkas sesuai dengan kehendak pengguna, dan sebagainya. Namun, walaupun demikian, terkadang pengguna seringkali menyimpan satu data secara berantakan dalam satu folder. Hal ini kerapkali menimbulkan kebingungan ketika akan mencari data yang diinginkan kembali. Hal ini seringkali diperparah dengan kondisi lupanya nama berkas yang ingin dicari. Akhirnya search seringkali menjadi alternatif untuk mempermudah pencarian data yang diinginkan.

Search, sebagai alternatif untuk mempermudah pencarian memiliki beberapa kelemahan, diantaranya 1) memberikan opsi data yang cukup banyak dan seringkali tidak spesifik, & 2) membutuhkan waktu pencarian yang relatif cukup lama. Hal ini tentunya melahirkan keengganan jika data tidak terlalu penting.

Bagi pengguna Windows 7, terdapat alternatif lain selain search, yakni penggunaan filter dalam Windows Explorer. Fitur filter ini dapat dijumpai pada title masing-masing kolom pada mode detailed view. Untuk jelasnya, berikut salah satu contoh penggunaan filter tersebut,

1

Gambar 1. Kondisi sebelum di-filter

2

Gambar 2. Pengaktifan filter dengan penekanan segitiga terbalik

3

Gambar 3. Kondisi setelah difilter

Dapat dilihat pada gambar 3 hasil setelah difilter, tampak bahwa hanya berkas yang bertipe sebagai folder yang ditampakkan pada windows explorer. Tentunya dengan cara ini pencarian satu file yang spesifik dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s